Tonda dan Perjalanan

Posting Komentar


Mungkin ada yang bingung pada istilah "tonda". Tonda adalah salah satu alternatif bagi pengendara/pengemudi yang kendaraannya bermasalah. Saya punya cerita yang mungkin berkesan buat kalian. Begini ceritanya.

Tanggal 5 Januari 2018 sekitar jam 16.10 WITA. Sebuah peristiwa yang sangat membosankan menimpa diriku. Apa lagi kalau bukan "menunggu". Menunggu karena motor yang kukendarai tidak bisa berjalan (mogok). Karena bengkel bertebaran di mana-mana tapi uang terbatas, aku menelpon seseorang. Orang yang kutelpon tersebut akhirnya menuju ke tempat penungguanku (seram amat...hehe).

Setengah jam kemudian orang itu datang. Ia membawa seutas tali. Aku tidak tahu mau dia apakan tali itu. Entah ia mau menculikku atau apalah. Ternyata tali itu digunakan untuk menarik motorku agar bisa berjalan. Tentu ia menarik dengan motor juga.

Sebuah peristiwa yang amat menyenangkan sekaligus memalukan. Motor ini ditarik hingga tujuan. Nah, itu yang dimaksud dengan tonda. Berbagai medan dilalui. Beberapa medan mampu dilalui, namun ada juga yang tidak sempat karena dihandle motor lain.

Orang-orang memerhatikan. Tapi aku tidak menghiraukannya--walau sempat merasa m**u. Mulai penjual bakso gerobak hingga penjual ikan bakar kulewati. Aroma yang khas membuat hidung lupa kalau ia berada di belakang mobil truk yang mengeluarkan asap.

Akhirnya aku tiba di tujuan. Orang itu membuka tali tersebut. Ia pun pergi. Aku menuju ke rumah orangtuaku di kampung. Dan kalian tahu orang yang menonda motorku siapa? Silakan jawab di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Eh baru sadar, ini postingan yang pertama di tahun 2018. Hehe.

Related Posts

Posting Komentar