Ingin Stres Hilang, Yuk Shalat!

Posting Komentar
Sumber gambar: Pexels.com
Sebagai Muslim yang berakhlak mulia, tentunya shalat adalah salah satu ibadah kita dalam kesehariannya. Baik itu yang sifatnya wajib maupun yang sunnah. Shalat bisa mendatangkan rizki dan amal di hadapan Allah Swt. Dengan begitu, kita bisa lebih dekat kepada-Nya.
Selain itu, shalat ternyata bisa menyembuhkan penyakit yang bernama ‘stres’. Bagaimana tidak, gerakan-gerakannya yang begitu erat kaitannya dengan kesehatan bisa mendatangkan rizki berupa kesehatan. Sehingga dengan shalat, peredaran darah akan lancar tanpa hambatan.
Setiap gerakan dalam shalat mampu membuat saraf menjadi lebih aktif dan membuat peredaran dara menjadi lancar. Selan itu, stres juga bisa hilang karena dalam shalat—terutama sujud, mengalirkan oksigen ke otak sehingga stres bisa diatasi.
Shalat itu sendiri berasal dari ajaran Rasullullah Saw, melalui perjalanannya ke Sidhratul Munthahaa, yaitu lapis langit yang ke tujuh. Beliau diajarkan langsung oleh Sang Pecipta. Bagaimana tidak, shalat adaah ibadah yang paling sakral karena ibadah tersebut langsung dihadapkan oleh Sang Pencipta, Allah Swt.
Sejak dini shalat harus diterapkan. Orang tua harus mendidik anak agar mereka bisa terlatih melakukan shalat. Manfaatnya pun bisa diambil dari shalat.
Apabila kita sedang dilanda kesedihan, shalat adalah obat yang manjur untuk menghilangkan stres. Sebagaimana dalam Hadits yang menyebutkan bahwa: Ketika Rasululllah sedang dirudung kesedihan, beliau langsung beranjak menunaikan shalat (HR. Ahmad).
Dilansir dari Islamsampaimati.bid, shalat mampu mengembalikan psikologis seseorang menjadi stabil apabila ia melakukan shalat. Tidak bisa dimungkiri, shalat mampu meredam rasa marah, emosi yang berlebihan. Jadi apabila seorang mukmin melaksanakan shalat, emosinya akan mendingin sehingga akan terhindar dari stres.
Apabila sesorang melakukan shalat, maka sama saja dengan melakukan olahraga rutin setiap hari. Dengan begitu, kita akan menjadi bugar dan tidak mudah stres.
Sebagai kaum muslim yang berakhlakul Karimah, hendaknya shalat harus diperhatikan, baik itu gerakannya maupun kerutinannya. Apabila sudah diterapkan, maka insyaAllah kita bisa menjadi lebih sehat dan mendapat amal.
Shalat yang paling ampuh adalah shalat sunah Tahajjud. Jenis shalat ini mampu mencegah dari penyakit yang tergolong kronis. Salah satunya bermanfaat bagi otak. Darah yang mengalir akan menuju ke otak sehingga oksigen bisa diangkut dengan mudah. Dengan begitu, stres pun bisa hilang.
Tapi, shalatlah sesuai dengan niat karena Allah Swt., bukan karena hanya ingin sehat. Karena sehat hanyalah ada di dunia. Sedangkan di akhirat manfaatnya akan jauh lebih besar dibanding di dunia. 

Related Posts

Posting Komentar